.........Welcome To My Blog,,,,
........This
blog provides information for friends on a true story, health, motivation, and much more,,,,,,
including course material though.............

Selasa, 09 April 2013

Sanksi yang berat belum tentu membuat jerah




Coba Perhatikan kedua gambar diatas,,,,!!!

Kira-kira menurut anda apakah anak pada gambar pertama luka karena mimisan atau karena terjatuh,,,,???
Saya rasa tidak, kalau dilihat dari ekspresinya mungkin lagi berantem dengan seseorang.
Kemungkinan besar berantem dengan saudara atau temannya sampai hidungnya mengeluarkan darah.
Artinya perkelahian yang sengit.

Pada gambar kedua sangat jelas seorang anak (anak yg tidak memakai baju) yang mendapat perlakuan tidak manusiawi dari seorang lelaki. Apakah itu ayahnya....???
Who knows...??
Menurut saya seberapa besar kesalahan yng diperbuat oleh seorang anak apalagi masih bocah-bocah tidak perlu orangtua sampai melayangkan pukulan atau menyiksanya dengan sanksi yang sangat berat.

Banyak orangtua beralasan dengan memberikan sanksi atau hukuman yang berat maka sianak akan jerah. Kadang memang iya tapi kadang juga tidak artinya jawaban itu masih bersifat tidak mutlak karena anak yang sering mendapat hukuman yang kejam dari seorang orangtua malah sikapnya makin menjadi-jadi.

Banyak anak yang melakukan hal yang tidak wajar bukan dari sifat aslinya atau masalah lingkungan tetapi karena anak hanya ingin mendapat kedekatan atau perhatian khusus dari orangtua walaupun itu hanya berupa sanksi atau hukuman.

jadi orangtua yang memiliki anak harus mengerti dengan keadaan sang anak ketika ada suatu problem yang muncul. orangtua harusnya menelaah terlebih dahulu apakah kelakuan anak ini baru dilakukan atau tidak. jika itu baru terjadi pada anak segera cari apa penyebabnya. Apakah faktor dari lingkungan, temannya atau malah faktor internal keluarga. Terlalu cepat menyimpulkan akan berakibat bagi psikologi anak dan jika hal ini sudah berlarut-larut imbasnya akan kembali kepada orangtua sendiri.

Kedekatan atau keharmonisan hubungan antara anak dengan orangtua itu sangat diperlukan betapa tidak..? seorang anak perlu kasih sayang dan jika kasih sayang ini jarang didapatkan oleh sang anak maka akan muncul berbagai masalah dalam kubuh keluarga itu.

Kesimpulannya berilah kasih sayang pada anak anda dan buatlah hubungan harmonis dalam keluarga anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar