.........Welcome To My Blog,,,,
........This
blog provides information for friends on a true story, health, motivation, and much more,,,,,,
including course material though.............

Kamis, 10 Januari 2013

Kombis "Penulisan Surat Secara Umum"


Penulisan Surat Secara Umum


A.     Pengertian dan teknik penulisan surat secara umum

Pengertian dari surat bisnis adalah semua surat yang barkaitan dengan urusan perusahaan, misalnya surat-surat perjanjian, undangan rapat, informasi kegiatan, dan lain-lain. Surat bisnis ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan surat bisnis, misalnya tentang format, penggunaan kata/kalimat, dan lain-lain. Surat bisnis yang baik akan menggambarkan pesan positif dari perusahaan. Sehingga, surat bisnis memiliki peran yang penting demi pencapaian tujuan. Bagaimana menulis surat dengan baik? Dalam menulis urat yang baik, perlu diperhatikan beberapa hal dibawah ini :
1.      Bahasa yang digunakan mudah dipahami dan tidak bertele-tele sehingga yang membaca akan surat kita mengerti dengan baik.
2.      Ukuran kertas yang baik, bersih, dan sesuai dengan maksud tujuan yang hendak dicapai oleh sang pengirim pesan atau surat.


B.     Keputusan menngunakan surat bisnis dan citra perusahaan
a.       Korespondensi dan Citra Baik (Favourable Image)
Pada prakteknya hampir sebagian besar relasi bisnis kita bisa jadi hanya mengenal perusahaan kita melalui surat-surat (brosur, leaflet, price list) yang telah kita kirimkan. Mereka tidak menganal kita secara pribadi atau personal. Oleh karena itu, desain bentuk dan isi surat mulai dari kop surat, isi surat dan bahasa yang digunakan akan menjadi cerminan awal dari eksistensi perusahaan kita.
Citra perusahaan pada tahap awal perkenalan mungkin sekilas hanya diwakili oleh bentuk sampul amplop ataupun kop suratnya, oleh karena itu desain amplop maupun kop surat perlu dibuat dengan desain yang anggun dan indah yang dapat memberikan informasi dasar mengenai perusahaan, terutama yang dapat menunjukkan sejauh mana integritas dan bonafiditas perusahaan
b.       Korespondensi dan Reputasi (Good Reputation)
Apabila perusahaan kita telah mendapatkan pesanan pertama (first order = trial order) maka hal ini berarti kita mulai memasuki tahap yang amat penting dalam kehidupan usaha bisnis tersebut. Pesanan pertama merupakan ujian atas bonafiditas perusahaan, dan salah satu ukuran yang dapat dipakai adalah apakah perusahaan dapat memegang komitmen, khususnya tentang ‘tepat mutu dan tepat waktu’ sebagaimana yang disepakati dalam dokumen ‘MOU’.
c.        Korespondensi dan Kepercayaan (Reliability)
Citra yang baik muncul dari penampilan lahir yang baik, sedangkan reputasi yang baik akan terlahir dari kemampuan perusahaan dalam memegang janji komitmen atau dalam menunjukkan kinerja yang baik. Apabila perusahaan dapat mencapai kedua sasaran diatas maka secara otomatis para pelanggan akan menaruh kepercayaan kepada perusahaan dalam aktifitas transaksi bisnisnya. Peranan korespondensi sangatlah penting untuk dapat menunjang mewujudkan tercapainya ketiga sasaran tersebut yaitu tercapainya : citra, reputasi dan kepercayaan dari mitra bisnis perusahaan.

C. Jenis-Jenis Berita
Dalam dunia jurnalistik dikenal beberapa jenis berita. Jenis-jenis berita tersebut dimaksudkan untuk memudahkan pembaca dalam memahami sebuah persoalan. Diantara beberapa jenis penulisan berita sebagai berikut:
a.       Straight News, mendasarkan pemberitaannya pada segi aktualitas, bersifat informatif dan bukan sebuah kasus atau fenomena (kejadian yang berkelanjutan, bias atau berulang-ulang).
b.      Depth News disebut berita mendalam karena laporan yang hendak diberitakannya memiliki nilai berita yang berat, baik dari segi fakta, penggalian data, dan dampaknya kepada publik. Selain itu, proses penggalian datanya memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang serta analisa yang mendalam.
c.       Features umum disebut dengan berita kisah atau juga disebut dengan cerita pendek (cerpen) namun non-fiksi. Karenanya, dalam feature terkandung dua unsur kekuatan, yaitu fakta dan estetika (sastra).



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar