.........Welcome To My Blog,,,,
........This
blog provides information for friends on a true story, health, motivation, and much more,,,,,,
including course material though.............

Kamis, 10 Januari 2013

5 daftar pertanyaan yang sulit dijawab saat wawancara


1.      Informasikan kami mengenai diri anda
Ceritakanlah diri anda dengan alur sebagai berikut: Kehidupan anda di waktu-waktu sekarang, Pendidikan anda, Sejarah kerja, dan pengalaman karir terbaru anda. Karena sebenarnya hanya itu yang ingin ditahu oleh pewawancara. Tidak usah curhat mengenai mantan atau keluarga anda

2.      Mengapa anda harus kami rekrut?
Jawablah pertanyaan ini dengan diawali dari prestasi-prestasi real diri anda, ceritakan kisah menggapai prestasi itu, dan hubungkan dengan kebutuhan perusahaan akan diri anda secara tidak langsung itu akan membawa alur bahwa diri anda berharga untuk segera direkrut perusahaan tersebut.
3.      Berapa lama anda bisa hasilkan kontribusi maksimal dan sampai kapan anda bersedia dengan kami.
Katakan kalau anda adalah manusia biasa yang butuh usaha keras juga untuk beradaptasi, sampaikan target realistis anda (misalnya 3 atau 6 bulan) anda bisa beradaptasi dan sampaikan juga kalau anda juga butuh merasa tertantang untuk mencapai target bersama.
4.      Sesukses apakah anda saat ini dan apa target jangka panjang anda
Sampaikanlah jawaban positif dan mengena serta tidak lebay. Serta usahakan juga target jangka panjang yang anda katakan ke pewawancara itu singkron dengan visi, misi, dan tujuan perusahaan. Karenanya anda perlu riset untuk itu.
5.      Berapa gaji yang anda inginkan?
Pertanyaan yang sangat menggoda. Jangan langsung menjawab sebelum anda:
a.       Mengadakan riset mengenai standar gaji di pekerjaan sejenis
b.      Mendapat gambaran yang jelas mengenai tanggung jawab dan tugas anda di perusahaan itu dari pewawancara, usahakan diskusikanlah hal ini kepada pewawancara sebelum anda memutuskan
Sampaikan kalau anda lebih mementingkan pekerjaannya ketimbang berpikir standar gaji. Katakan secara tersirat kalau pekerjaan anda baik maka sudah sepantasnya anda digaji lebih.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar