A. Unsur-unsur komunikasi
Komunikasi bisnis adalah setiap
komunikasi yang digunakan untuk membangun partnerships, sumber daya
intelektual, untuk mempromosikan satu gagasan; suatu produk; servis;atau suatu
organisasi, dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan.
Komunikasi meliputi 5 unsur,
kemudian dikenal dengan formula 5 W + 1 H, yakni :
1. Komunikator = who (communicator, source, sender)
2. Pesan = says what (message)
3. Media = in which channel (channel, media)
4. Komunikan = to whom (communicant, communicatee, reciever, recipient)
5. Efek (effect, impact, influence)
1. Penjelasan Unsur Utama Komunikasi:
Sumber: sebagai pengirim informasi/pesan/gagasan, sering juga disebut komunikator, source, sender, atau encoder.
Sumber: sebagai pengirim informasi/pesan/gagasan, sering juga disebut komunikator, source, sender, atau encoder.
2. Pesan: sesuatu berupa pengetahuan,
hiburan, informasi, nasehat, atau propaganda yang disampaikan pengirim kepada
penerima, sering juga disebut message, content atau information.
3. Saluran komunikasi terdiri atas
komunikasi (lisan, tertulis dan elektronik). Media (alat atau sarana yang
digunakan memindahkan pesan)-Media Cetak dan Media Elektronik.
4. Penerima: pihak yang menjadi sasaran
pesan, sering disebut khalayak, sasaran, komunikan, audiens atau receiver.
5. Umpan Balik: respon atau reaksi yang
diberikan oleh penerima, dapat berupa data, pendapat, komentator atau saran.
6. Efek: pengaruh atau adanya perbedaan
antara apa yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan oleh penerima sebelum dan
sesudah menerima pesan, dapat dalam bentuk pengetahuan, sikap dan perilaku.
7. Lingkungan: situasi atau
faktor-faktor yang dapat mempengaruhi jalannya komunikasi, dalam bentuk lingk.
fisik/jarak, sosial budaya, psikologi dan dimensi waktu (pagi, siang, malam,
atau dikaitkan dengan musim).
B. Media-media
komunikasi
Ada tiga
jenis media yang digunakan dalam komunikasi yaitu :
1. Media
Tradisional yang meliputi:
·
Media lisan
·
Media tulis
2. Media
Elektronik
·
Media lisan
·
Media tulis
Media Lisan adalah media yang terdiri dari
percakapan langsung bertatap muka, pidato, presentasi dan rapat.
Keunggulan
media lisan:
·
Media lisan menyediakan umpan balik
dengan segera
·
Media lisan memungkinkan terjadinya
kenyamanan berinteraksi
·
Media lisan meliputi berbagai isyarat
nonverbal (baik isyarat fisik maupun perubahan nada suara).
·
Media lisan memungkinkan Anda
mengekspresikan emosi di balik pesan Anda.
Media
lisan tradisional berguna untuk mendorong orang bertanya, memberikan komentar
dan bekerja sama untuk mencapai sebuah konsensus atau keputusan.
Kelemahan
media lisan:
·
Media lisan membatasi partisipasi bagi
mereka yang hadir secara fisik
·
Media lisan tidak menyediakan rekaman
komunikasi yang permanen dan dapat dibuktikan, tanpa alat perekam tertentu.
·
Media lisan mengurangi kendali
komunikator pada pesan
·
Media lisan sering kali mengabaikan
kemungkinan untuk memperbaiki atau mengedit kata-kata yang Anda ucapkan.
Media
Tulis adalah pesan-pesan tertulis yang memiliki banyak bentuk seperti: memo,
surat dan laporan tradisional.
Memo
digunakan untuk pertukaran informasi rutin sehari-hari dalam suatu organisasi,
yang bersifat kurang pribadi bila dibandingkan dengan surat (karena
terbuka).
Surat
merupakan pesan tertulis yang dikirimkan kepada para penerima di luar
organisasi sehingga selain berfungsi untuk menyampaikan pesan tertulis, surat
juga mempunyai fungsi penting sebagai hubungan masyarakat dalam membantu
mengembangkan hubungan kerja yang baik dengan para pelanggan, pemasok dan pihak-pihak
lain.
Keunggulan
media tulis:
·
Media tulis memungkinkan Anda untuk
membuat rencana dan mengendalikan pesan Anda.
·
Media tulis bersifat permanent dan dapat
diverifikasi
·
Media tulis membantu Anda menjangkau
seorang penerima yang jauh secara geografis.
·
Media tulis meminimkan distorsi yang ada
pada pesan-pesan lisan
·
Media tulis dapat digunakan untuk
menghindari interaksi dengan segera.
·
Media tulis meredam setiap komponen emosional
yang tidak pantas.
Kelemahan
media tulis:
·
Banyak media tulis tidak kondusif untuk
umpan balik yang cepat
·
Media tulis kekurangan isyarat nonverbal
dibanding media lisan.
·
Media tulis membutuhkan waktu yang lama
·
Media tulis membutuhkan sumber daya yang
banyak untuk membuat dan mendistribusikannya.
·
Media tulis membutuhkan keterampilan
khusus dalam persiapan dan memproduksinya.
Media
Elektronik
Media elektronik dapat berupa:
e-mail, telephone, videotape, faks, voice mail, pesan instant, situs web dan banyak
lagi. Media elektronik dapat memberi impresi yang lebih kuat pada para
penyelia, pelanggan, investor, atau para penerima penting lainnya. Media
elektronik dapat meningkatkan kesenangan dan daya tarik visual dengan animasi
computer, video, bahkan dengan musik.
Kelebihan
media elektronik:
·
Dapat mengirim pesan dengan cepat
·
Menjangkau banyak penerima yang secara
fisik berada jauh dari pengirim
·
Menjangkau penerima yang tersebar secara
pribadi
·
Menawarkan kekuatan format multi media
yang persuasive
·
Dapat meningkatkan akses dan keterbukaan
dalam organisasi.
Kelemahan
Media Elektronik
·
Bila digunakan kurang hati-hati dapat
menciptakan konflik
·
Dengan mudah dapat digunakan secara
berlebihan
·
Tidak memiliki privacy
·
Dapat mengeringkan produktivitas
karyawan
C.
Hambatan
dalam berkomunikasi
Hambatan
komunikasi pada umumnya mempunyai dua sifat berikut ini :
a.
Hambatan
yangbersifat objektif, yaitu hambatan terhadap proses komunikasi yang tidak
disengaja dibuat oleh pihak lain tetapi lebih disebabkan oleh keadaan yang tidak
menguntungkan. Misalnya karena cuaca, kebisingan kalau komunikasi di tempat
ramai, waktu yang tidak tepat, penggunaan media yang keliru, ataupun karena
tidak kesamaan atau tidak “in tune” dari frame of reference dan field of
reference antara komunikator dengan komunikan.
b.
Hambatan yang
bersifat subjektif, yaitu hambatan yang sengaja di buat orang lain sebagai
upaya penentangan, misalnya pertentangan kepentingan, prasangka, tamak, iri
hati, apatisme, dan mencemoohkan komunikasi.
Faktor
hambatan yang biasanya terjadi dalam proses komunikasi, dapat dibagi dalam
3 jenis sebagai berikut:
1.
Hambatan Teknis
Hambatan jenis ini timbul karena lingkungan yang memberikan dampak
pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan.
2.
Hambatan Semantik
Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau
idea secara efektif. Definisi semantik adalah studi atas pengertian, yang
diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi
tidak jelas bagaimanapun baiknya transmisi.
3.
Hambatan Manusiawi
Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi
yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator
maupun komunikan.
D.
Istilah-istilah dalam
komunikasi bisnis
Affiliate:
Sebuah sistem atau program kerjasama yang saling menguntungkan antara pemilik
produk / jasa dan pemasar produk / jasa yang bisa dijalankan baik lewat cara
membeli produk / jasa maupun tanpa membeli produk / jasa dari si pemilik
program affiliate tersebut.
Affiliate Marketer:
Seseorang yang bekerja dengan cara menjual maupun menawarkan produk / jasa
milik orang lain / badan usaha lain dengan mendapatkan penawaran komisi maupun
hak bagi hasil.
Affiliate Product:
Suatu produk / jasa yang dijual dengan disertai penawaran program kerjasama
yang memiliki keuntungan hak bagi hasil maupun hak untuk mendapatkan komisi.
Affiliate Program:
Program penawaran kerjasama yang dibuat oleh pemilik produk / jasa dengan
keuntungan yang sangat tinggi untuk tujuan peningkatan daya jual suatu produk /
jasa yang dimilikinya.
Affiliate Marketing:
Suatu teknik, strategi atau cara-cara untuk memasarkan & menjual produk /
jasa orang lain supaya mampu laku dipasaran serta mampu meningkatkan daya &
nilai jual yang sangat tinggi terhadap produk / jasa yang sedang ditawarkan.
Affiliate Item:
Macam-macam produk / jasa yang memiliki program affiliate.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar