Prinsip Dasar
Komunikasi Bisnis
a.
Pengertian Komunikasi Bisnis
Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi
antar individu melalui suatu sistem yang biasa(lazim) baik dengan
simbol-simbol, sinyal, maupun perilaku dan tindakan.
Ilmu komunikasi suatu usaha yang sistematis untuk
merumuskan prinsip-prinsip secara tegas dan dan atas dasar prinsip-prinsip tersebut disampaikan informasi secara tegas
yang dibentuk oleh pendapat dan sikap.
pengertian komunikasi Bisnis dikemukakan menurut
para ahli adalah sebagai berikut :
1.
Menurut
kats, komunikasi bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan dan konsep yang
berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersin.
2.
Menurut
rosenblatt adalah Pertukaran ide-ide, opini, informasi, instruksi dan sejenisnya
yang dikemukakanbaiksecarapersonal,ataupunnon personal melalui simbol atau tanda
untuk mencapai tujuan perushaan.
3.
Menurut
curtis dkk adalah komunikasi dalam organisasi bisnis ditunjukan untuk menyelesaikan
masalah dan membuat keputusan.
4.
Menurut
poerwanto adalah Kounikasi yang digunakan alam dunia bisnis mencakup berbagai macam
bentuk verbal maupun non verbal.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Komunikasi Bisnis merupakan komunikasi yang digunakan
dalam dunia bisnis yang mencakup
berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun non verbal
yang
bertujuan memberi kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara
pemberi dan penerima sehingga bahasa lebih jelas, lengkap, pengiriman dan umpan
balik seimbang.
b.
Ruang lingkup Komunikasi Bisnis
a. Internal comunication
Internal
komunikasi merupakan komunikasi yang terjadi diantara orang-orang yang berada
dalam suatu perusahaan atau
dalam perusahaan tersebut.
Bentuk-bentuk internal
comunication adalah sebagai berikut :
1.
Downward
communication,
yakni alirankomunikasi komunikasi dari atasan ke bawahan umumnya terkait dengan
ttg jwb dan wewenang seseorang dlm organiasi.
2.
Upward
communication yaitu aliran
komunikasi yang berasal dari bawah ke atasan seperti apresiasi dan percaya.
3. Horizontal communication yaitu Komunikasi yang terjadi antara
bagian-bagian yang memiliki posisi sejajar dalam suatu organiasi.
4. Diagonal communication yaitu komunikasi yang melibatkan
dua tingkat organiasi yang berbeda. Ini biasanya terjadi dalam organisasi besar
yang memiliki ketergantungan.
b. External comunication
External
comunication merupakan komunikasi yang dilakukan oleh pihak organisasi atau
perushaan melalui kesepakatan management untuk melakukan komunikasi dengan
pihak luar.
Kesepakatan
manajemen untuk melakukan dilakukan oleh pihak orang/perusahaan melalui
komunikasi dengan publik luar. Media yangdigunakan adalah media umum dan media
massa.
c. Bentuk-bentuk
komunikasi bisnis
Ada
dua jenis bentuk dasar komunikasi bisnis :
1.
Komunikasi
Nonverbal
Komunikasi
non verbal merupakan Kumpulan
isyarat, gerak tubuh, intonasi suara, sikap, dan sebagainya, yang memungkinkan
seseorang untuk berkomunikasi tanpa kata-kata.
Komunikasi non verbal dapat tercermin dari
perilaku atau tingkah laku seperti dibawah ini :
1.
Menggerakan
gigi untuk menunjukan kemarahan.
2.
Mengerutkan dahi untuk menunjukkan seseorang
sedang serius/ berfikir.
3.
Gambar pria atau wanita yang dipasang di pintu
masuk toilet untum menunjukkan kamar sesuai dengan jenis kelaminnya.
4.
Berpangku tangan untuk menunjukkan seseorang
sedang melam.
5.
Tersenyum dan berjabat tangan dengan orang lain
untuk mewujudkan rasa senang, simpati dan penghormatan.
6.
Membuang muka untuk menunjukkan sikap tidak
senang atau antipati terhadap orang lain.
7.
Menggelengkan kepala untuk menunjukkan sikap
menolak atau keheranan.
8.
Asbak diatas meja yang menunjukkan tamu
diperkenankan/ boleh merokok.
9.
Mengirimkan bunga sebagai tanda kesuksesan, cinta
atau duka cita.
2.
Komunikasi verbal
Komunikasi Verbal merupakan komunikasi dalam bentuk
percakapan atau tertulis. Komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata
untuk menyatakan ide. Gaya dalam berkomunikasi disesuaikan
dengan situasi, dan lawan komunikasi. Penggunaan gaya bicara sangat berpengaruh
terhadap minat lawan komunikasi. Mengungkapkan pesan verbal diperlukan keterampilan
menggunakan kata-kata sederhana dan dapat dipahami oleh lawan komunikasi.
Berbicara
dan mendengarkan merupakan bentuk komunikasi yang paling sering dilakukan. Hal
ini menjadikan orang lebih memilih berbicara daripada menulis dalam
berkomunikasi. Dengan komunikasi lisan orang dapat langsung
mendapat umpan balik,
sedangkan pada komunikasi tertulis orang harus menyusun pesan, menulis ,
mengirim, dan menunggu tanggapan sebagai umpan balik.
Bentuk komunikasi
verbal selain berbicara atau komunikasi lisan dapat dilakukan dengan
cara lain seperti dibawah ini :
1.
Membuat dan mengirim surat klaim
2.
Membuat
dan mengirim surat penawaran harga kepada pihak lain
3.
Membuat
dan mengirim surat pemesanan barang kepada pihak lain
4.
Membuat dan mengirim surat konfirmasi kepada
pelanggan
5.
Membuat dan mengirim surat kontrak kerja kepada
pihak lain
6.
Memberi informasi kepada pelanggan yang meminta
informasi tentang produk-produk baru
7.
Berdiskusi dalam suatu tim kerja (team work)
8.
Melakukan wawancara kerja dengan para pelamar
kerja di suatu perusahaan
9.
Mengadakan briefing dengan staf karyawan
d.
Persyaratan komunikasi yang efektif
Ada
tiga hal yang menjadi persyaratan dalam komunikasi adalah sebagai berikut :
a.
Kredibilitas
dan daya tarik komunikator.
Komunikator (pandai menggunakan bahasa, intonasi, simbol
dan mimik yang menarik simpati dan empati dari komunikannya).
b.
Kemampuan
pesan untuk membangkitkan
tanggapan.
Pesan (cara penyampaian, isi
pesan sesuai dengan kebutuhan dan diminati oleh komunikan).
c.
Kemampuan
komunikan untuk menerima dan
memahami/umpan
balik.
Komunikan (latarbelakang, dll).
d. Perhatikan gangguan-gangguan yang mungkin akan
menghambat proses komunikasi.
e.
Pengaruh /
umpan balik (yang diharapkan / tujuan penyampaian pesan).
Komunikasi dikatakan efektif jika :
a. Apabila terjadi pemahaman yang sama dan merangsang
pihak lain untuk berpikir atau melakukan sesuatu.
b. Membantu mengantisipasi masalah-masalah, membuat
keputusan yang tepat, mengoordinasikan aliran kerja, mengawasi orang lain, dan
mengembangkan berbagai hubungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar